e-Marketing

www.lazada.com
Selama ini kita hanya mendengar e-marketing tapi tahukah kita apa itu marketing, bagaiman Strategi kerjanya, apa untungnya dan apa kerugiannya, dibawah ini akan saya jelaskan satu persatu

1.Pengertian e-Marketing
e-Marketing atau electronic-Marketing adalah bagain dari e-Business yang memanfaatkan medium elektronik untuk melakukan aktivitas marketing dalam upaya mencapai tujuan marketing.
Kegiatan marketing Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat marketing atau copywriting. Marketing internet atau e-marketing ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), marketing afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll.

2. Strategi e-Marketing
    Berikut ini adalah strategi yang bisa kita lakukan dalam melakukan e-marketing

§  Search Engine Optimization
Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah prosedur yang berhubungan dengan internet menarik lalu lintas ke situs WebAnda sebanyak mungkin. SEO termasuk mengoptimalkan situs web Anda sedemikian rupa sehingga situs Anda akan digolongkan pada halaman awal pencarian. Hal ini dilakukan dengan menggunakan frase kata kunci bahwa pengguna umumnya dimasukkan ke dalam mesin pencari Internet untuk mencari suatu produk atau jasa tertentu.

§  Banner Advertisement (iklan melalui banner)
Adalah file grafis (dengan beberapa ukuran yang di beri satuan pixels) yang dipasangkan pada website penyedia iklan. Iklan banner digunakan untuk mengarahkan pengunjung ke halaman website anda dan tentu saja harus disajikan semenarik mungkin untuk memancing calon pembeli yang akan membeli produk anda.

§  Sponsorship
Anda bisa melakukan kegiatan tersebut untuk memancing calon pembeli, sama dengan tujuan poin di atas.

§  Classified Listings (daftar produk terklasifikasi)
Seperti halnya pada klasifikasi di surat kabar, klasifikasi online ini merupakan cara yang sangat baik  untuk memasang bisnis anda di depan orang-orang yang siap untuk membeli produk anda. Kekuatan dari klasifikasi online daripada klasifikasi offline ialah, user dapat mencari produk dengan cepat melalui form pencarian yang sudah terindeks dalam basis data.
§  Email Marketing (pemasaran melalui email)
Pada email marketing dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: Cara pertama, dengan meletakkan iklan atau sebuah pesan di dalam email newsletter orang lain. Contoh, ketika anda menerima sebuah newsletter dari perusahaan online A, terdapat pesan pengiklan, semacam banner. Ini adalah caran yang sangat dahsyat untuk mentarget calon pembeli anda.
Cara kedua adalah, dengan secara langsung mendistribusikan email anda kepada calon customer, yaitu berupa email penawaran biasa maupun dalam bentuk newsletter. Sampaikan informasi tentang produk yang ditawarkan tanpa kesan paksaan, sehingga calon konsumen dapat melakukan keputusan yang terbaik terhadap produk anda. Tapi ingat, anda tidak boleh melakukan spam. Cara ketiga, yaitu dengan menyediakan fasilitas email subsriber pada situs anda. Jika pengunjung situs melakukan pendaftaran email subsriber melalui situs anda, maka setiap kali anda melakukan update atau posting artikel maupun produk di website tersebut, maka pendaftar tersebut akan mendapat email notifikasi dan isi dari apa yang anda update. Anda dapat menggunakan RSS feed burner.

§  Partnership / Affiliate Marketing (pemasaran metode afiliasi)
Para pengiklan yang menjual produknya secara online dapat membangun jaringan afiliasi, yaitu melibatkan orang lain dalam penjualan produk.

3. Keuntungan e-Merketing
    Berikut ini adalah keuntungan yang diperoleh bila kita menjalankan e-marketing

  • Pengurangan biaya melalui otomatisasi dan penggunaan media elektronik
  • Respon yang lebih cebat baik untuk end user maupun bagi marketer
  • Adanya kemampuan untuk pengukuran dan pemgumpulan data
  • Personalisasi
  • Memungkinkan adanya interaksi

4. Kerugian e-Markrting
    Selain memiliki keuntungan e-marketing juga ada kerugiannya, yaitu adalah

  • Ketergantungan pada teknologi
  • Isu keamanan dan privasi
  • Adanya biaya pemeliharaan karena teknologi yang terus berkembang
  • Akses teknologi yang belum merata terutama di Indonesia
  • Transparansi harga sehingga mengakibatkan meningkatnya kompetisi harga
  • Kompetisi global
Jadi bagaimana menurut anda, tertarik atau tidak. Tapi saya rasa tidak ada salahnya kita mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar